Tuesday, June 24, 2003

Orang Jawa bilang ,'Gusti Allah ora sare' atau terjemahan bebasnya 'Tuhan itu tak pernah tidur'. Dia mendengar jerit tangis umatnya yg sedang kesusahan bahkan kalau jerit tangis itu tak ditujukan kepada NYA. Kayak misalnya kesulitan keuangan yg gw tulis bbrp minggu yg lalu. Nah...kali ini jawabannya muncul dari tawaran kerjaan terjemahan yg nongol (yg pasti ada duitnya dong), pembayaran kelebihan mengajar dan nguji skripsi yg dibayarkan dan tunjangan pendidikan....nah, itu namanya berkah, anugrah, rezeki, berkat, atau whatever you call it dah...yg jelas, ini udah terjadi ama gw bbrp kali, pas lagi butuh duit dan udah diambang pasrah gitu, tiba2 aja ada rezeki datang....

Tapi yg aku notice adalah rezeki atau berkat itu nggak pernah jatuh gitu aja dari langit, kayak yg dibilang oleh istilah rezeki nomplok atau dpt durian runtuh...yg ada biasanya adalah kesempatan utk mendapatkan rezeki itu dg halal. Tuhan gak pernah ngasih rezeki gitu aja, kayak ngasih ikan tanpa perlu mancing. Yg Allah kasih biasanya berbentuk pancing atau kail yg memampukan kita utk mendapatkan rezeki itu. Contohnya, gw gak pernah atau belum pernah pas butuh uang trus ada orang ngasih gitu ajah tanpa alasan. Yg selalu kejadian adalah, ada orang yg minta gw terjemahin dokumennya, atau gw dapetnya krn gw pernah ngajar dan ada kelebihan jam, atau tunjangan hari raya. Yudi juga gitu, klo dpt sesuatu biasanya dalam bentuk order betulin kompie orang. Yg namanya rejeki dari undian sekali pun, biasanya tetep kita harus usaha, berkorban, istilah Jawanya 'Jer Basuki Mawa Bea' -- setiap hal yg kita mau, kita kudu keluar sesuatu utk gantinya. Kayak pas gw menangin handphone ama parfum dari Cosmo, gw tetep kudu keluar duit utk beli majalahnya, keluar ide utk jawab kuisnya, keluar ongkos utk kirim formulirnya, keluar duit utk cek apa gw memang bener2 menang, dsb, dst. Jadi gak ada istilah 'free lunch' -- there is nothing like free lunch. Lu tetep kudu usaha, tetep harus keluar keringat utk bisa mendapatkan apa yg lu mau.

Nah, masalah gw sekarang adalah...bisa gak ya tuh duit ngumpul buat modal gw ke Amrik???????

0 Comments:

Post a Comment

<< Home